Awas, Jangan Mudah Percaya Mobil Bekas ”Km Rendah”

By On Friday, September 15th, 2017 Categories : Berita

Musim mudik biasanya menjadi momentum mencari mobil bekas. Tapi ingat, peak season seperti ini banyak penipuan. Jangan gegabah membeli mobil, terutama tertipu dengan kata-kata ”Km rendah”. Ada sebagian yang benar, ada juga yang sudah diputar mundur seolah-olah mobil jarang dipakai.

0450427Odometer1780x390

GM Mobil 88 Fischer Lumbantoruan mengatakan, saat ini. Banyak teknologi yang bisa memutar odometer agar mobil jauh lebih ”muda”. Bahkan sudah banyak jasa untuk mengurangi jumlah km yang sudah ditempuh dengan biaya tertentu.

”Kalau odometer model putaran atau manual malah gampang ketahuan, pasti tidak presisi posisi angka-angkanya atau kelihatan bekas congkelan. Yang sulit terdeteksi odometer digital. Tapi kami selalu punya trik untuk mengetahui mobil bekas benar-benar ’muda’ atau sudah usang,” tegas Fischer.

Dirinya lantas berbagi tips untuk mengetahui km rendah bohongan atau betulan. Berikut tipsnya:

1. Lihat sejarah servis. Telusuri jejak servis di bengkel resmi dia biasa servis. Misalnya, servis dua bulan lalu sudah 100.000 km tiba-tiba saat akan dijual jadi 70.000 km. Berarti ada kejanggalan.

2. Jika servis tidak di bengkel resmi, cukup sulit dideteksi. Namun kata Fischer, paling gampang lihat ban, dan perhatikan kode produksinya. ”Misalnya, bilang baru 30.000 km, beli tahun 2012. Ternyata ban standar sudah ganti dengan kode produksi baru 2014. Sudah pasti bohong, apalagi semua ban diganti, jangan-jangan sudah hampir 50.000 km,” beber Fischer.

3. Perhatikan setir. Rasakan permukaan kasarnya atau biasa dibilang ”kulit jeruk”. Misalnya mobil berusia di bawah lima tahun, tapi setir sudah halus. Sudah pasti sering dipakai. Kalau ganti setir, sangat jarang, kecuali modifikasi.

4. Perhatikan keseluruhan interior. Rapi atau tidak. Ini juga mencerminkan penggunaan pemilik lama yag jorok atau bersih. Misalnya, jika mobil sering dipakai, permukaan jok sedikit ambles.

Memang, untuk bisa dengan yakin mengetahui bahwa kata-kata ”km rendah” benar atau bohong agak sulit. Butuh jam terbang untuk mengetahui secara detail. Namun, paling tidak, langkah-langkah tersebut di atas sudah bisa coba dipraktikkan.

Awas, Jangan Mudah Percaya Mobil Bekas ”Km Rendah” | Inspirasi Modif | 4.5