Inilah Jenis Ban Yang Tepat Untuk Musim Hujan

By On Thursday, July 7th, 2016 Categories : Berita

Ketika musim hujan telah tiba, jalanan menjadi licin akibat adanya air dari hujan. Untuk itu para pengendara harus ekstra hati-hati untuk menjaga keselamatan. Selain itu pemilihan ban yang tepat juga akan mengurangi resiko kecelakaan. Pada musim hujan disarankan untuk memilih jenis ban yang sesuai agar tidak mudah terpeleset. Lalu seperti apakah jenis ban yang sesuai untuk musim hujan?

GT-tipe-ban-berdasar-tapak-symetris

Nah, berikut ini adalah jenis/ tipe ban yang cocok untuk melintasi jalanan ketika musim hujan
1. Tipe Kembangan Sejajar
Pilihlah kembangan satu arah untuk digunakan pada musim hujan. Tipe kembangan seperti ini bisa memecah genangan air yang ada dijalanan. Akan tetapi juga perlu diselaraskan dengan tekanan ban.
2. Ban yang menggunakan kompon medium
Ban yang beredar di Indonesia biasanya mengusung 3 kompon ban diantaranya soft kompon, medium kompon, dan hard kompon. Pada musim hujan akan lebih tepat untuk memilih medium kompon, karena dengan medium kompon akan menggigit aspal yang basah akibat hujan lebih baik.
3. Ban yang berstandar internasional
Dengan menggunakan ban yang berstandar internasional akan lebih aman ketika berkendara. Karena ban yang sudah berstandar internasional, sudah dapat dipastikan bahwa ban tersebut telah melewati pengujian yang panjang. Terdapat berbagai macam standar yang ada didunia seperti DOT untuk Amerika, atau ECE untuk Eropa, GULF untuk timur tengah dll.
Setidaknya ada 3 hal diatas yang harus diperhatikan dalam memilih ban ketikan musim hujan. Dengan memperhatikan ketiga hal diatas diharpakan dapat meminimalisir tingkat kecelakaan akibat jalanan basah yagn disebabkan oleh hujan.

Pembaca Juga Mencari:

  • ban yang cocok buat hujan
Inilah Jenis Ban Yang Tepat Untuk Musim Hujan | Inspirasi Modif | 4.5