Kendaraan Menyumbang Potensi Kecelakaan di Jalan

By On Thursday, July 27th, 2017 Categories : Berita

 

Edo Rusiyanto, Ketua Umum Road Safety Association (RSA) mengatakan, wajib hukumnya bagi seseorang pemudik untuk memastikan kondisi kendaraan prima. Ada tiga hal yang perlu diperhatikan bagi pemilik kendaraan yang disiapkan untuk perjalanan mudik.

Pertama, servis kendaraan. Mobil pribadi, pinjaman, sewa, atau sepeda motor wajib dipastikan kondisinya prima sebelum dipakai untuk menempuh jarak ratusan kilometer. Demi memperoleh pemeriksaan yang lebih terjamin, kunjungi bengkel dan minta perbaikan jika ada kerusakan sekecil apapun.

0009301Suzuki-bengkel-okeh780x390
“Servis bisa dilakukan setidaknya tiga hari sebelum hari keberangkatan,” jelas Edo kepada InspirasiModif, belum lama ini.

Kedua, kebiasaan memeriksa ulang (re-checking) kendaraan. Lakukan kebiasaan memeriksa ulang kondisi kendaraan jelang keberangkatan dan setiap berhenti istirahat di tempat-tempat yang aman. Bisa memanfaatkan titik-titik posko siaga yang biasanya terbentang di sepanjang jalur mudik, karena biasanya ada mekanik yang berjaga.

Beberapa hal yang wajib diperiksa, mulai dari bahan bakar minyak (BBM), kondisi tekanan angin pada ban, rem, air radiator, wiper, rantai, lampu-lampu, standar motor, kondisi oli, kaca spion, hingga busi.

Terakhir, setiap kendaraan wajib memiliki kelengkapan surat kendaraan. “Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) pastikan dibawa dan dalam kondisi tidak telat pembayaran pajaknya,” tukas Edo.

Kendaraan Menyumbang Potensi Kecelakaan di Jalan | Inspirasi Modif | 4.5