X
    Categories: Berita

Langkah Tepat Ubah Sistem Audio Avanza

Sistem audio mobil bawaan pabrik umumnya sudah memiliki suara yang cukup apik. Tapi banyak pemilik kendaraan melakukan ubahan, baik yang sederhana ataupun menyeluruh pada sektor audio.

Demikian pula pada beberapa pengguna Avanza, yang tergabung dalam Avanza Pop You Up. Mereka melakukan sentuhan baru buat meningkatkan performa suara, hingga makin nyaman berada dalam kabin.

“Audio itu obatnya melawan kemacetan. Jadi kami kebanyakan mencari kualitas suara yang sempurna, dengan melakukan tambahan-tambahan. Ada beberapa yang mempertahankan bawaab pabrik, dan hanya memberi sedikit ubahan,” jelas Erwin, salah satu pengguna Avanza, saat berbincang dengan kami, beberapa waktu lalu.

Bagi yang suka mendengarkan musik, tentu mendambakan dentuman bass yang pas, gemercik treble yang tak ”sember” akan dicari dan menjadi standar penentu. Ini memerlukan cara sendiri dan tidak bisa asal pasang, kalau tidak semua jadi sia-sia, waktu dan uang.

Bernard Maniagi, pemilik Abadi Jaya Audio, toko khusus audio mobil di Pasar Inpres Otomotif Duren Sawit, Jakarta Timur, mengatakan bahwa banyak yang bisa memasang spek tinggi atau subwoofer di bagasi, tapi hasilnya nol.

”Kadang ada yang memaksa pasang subwoofer, ganti head unit, tapi suaranya nggak keluar. Bass terlalu besar seperti di diskotik. Suara seperti ini malah tidak enak di telinga,” celetuknya.

Bernard membeberkan beberapa langkah jitu yang bisa diterapkan, bila ingin mengubah sistem audio. Simak penjelasan berikut:

1. Tentukan Anggaran. Tidak harus besar, tetapi lebih ke arah persiapan spesifikasi seperti apa yang diinginkan. Kalau memang harus dicicil, misalnya bulan ini beli speaker dulu, tak masalah.

2. Lihat kondisi mobil. Banyak orang memaksakan beli audio dengan spesifikasi tinggi tapi tak sesuai dengan ukuran dan kondisi mobil. ”Misalnya, speaker dan subwoofer yang makan tempat karena mobilnya kecil. Ada hitung-hitungannya, secara visual juga tidak enak dilihat.”

3. Selera musik. Instalator audio akan lebih senang kalau pemasangan sistem audio baru lebih ”terarah”. Artinya, segmen musik apa yang sering dimainkan atau disukai. Pemilihan peranti dan setelan akan lebih mudah. Misalnya, suka musik jazz dengan banyak nada frekuensi tinggi tak membutuhkan banyak dentuman seperti RnB.

4. Power Amplifier. Pilihlah yang berkualitas, kalau perlu berasal dari merek yang ”jelas”. Tugasnya berat, menerima sinyal suara dari sumber dan mengolahnya agar memiliki tenaga lebih kuat. Dengan begitu, speaker mampu mengeluarkan suara maksimal karena mendapatkan asupan tenaga ketika mengeluarkan gelombang.

5. Pasang Subwoofer. ”Ini tidak harus dipakai. Kalau menginginkan suara bass berdentum keras, boleh. Tapi sudah banyak spesifikasi standar mobil yang menyediakan speaker dengan kualitas bass menjanjikan,” kata Bernard.

6. Ganti Speaker. Pilihlah speaker dengan kualitas lebih bagus dibandingkan yang terpasang di mobil. Konsultasikan dengan instalator agar ditemukan spesifikasi yang pas untuk selera musik Anda.

7. Ganti Head Unit. Sama seperti subwoofer, mengganti Head Unit jika dirasa sangat perlu. Misalnya menaikkan kemampuan menjadi model layar sentuh atau kemampuan-kemampuan lainnya. Kalau soal fungsi, sama saja.

8. Kabel-kabel. Salah satu kunci kualitas suara lebih bagus adalah memasang semua kabel dan komponen audio dengan benar. Jenis kabel juga menentukan. Jika merasa terlalu awam, percayakan pada instalator yang berpengalaman.

Pembaca Juga Mencari:

  • speaker pintu avanza
  • ukuran speaker pintu avanza
  • ganti speaker pintu avanza
  • speaker pintu mobil avanza
  • mengganti speaker bawaan xenia
  • mengganti tape avanza
  • modif depan avanza/xenia
  • ukuran speaker mobil xenia
  • ukuran speaker pintu avanza all new