Mobil Yang Bisa Mengajarkan Pengemudi Untuk Hemat Bahan Bakar

By On Saturday, August 19th, 2017 Categories : Berita

20150129_041347_Aneka-Panduan-Efesiaensi-01

Efisiensi mesin dalam mengolah bahan bakar minyak (BBM) selalu menjadi isu yang sangat penting. Terlebih dalam situasi harga BBM yang fluktuatif saat ini. Kebutuhan akan kendaraan yang mampu mengakomodir efisiensi menjadi hal yang tak dapat dipungkiri bagi masyarakat.

Pabrikan pun ber­lomba-lomba mengha­dirkan teknologi dengan efisiensi optimal beserta aneka fitur pembaca konsumsi BBM. Yang paling sederhana adalah multi information display (MID). Pada layar informasi ini biasanya akan tertera angka efisiensi bahan bakar rata-rata yang dihitung berda­sarkan kalibrasi antara jarak tempuh serta asupan bahan bakar. Angka konsumsi real time juga biasanya tertera pada layar informasi ini.

Pada beberapa mobil yang lebih canggih lagi, pembacaan MID tersebut dilengkapi de­ngan informasi yang lebih detail. Tujuannya bukan hanya mencatat bagaimana efisiensi kendaraan, na­mun hingga aneka perilaku pengemudi yang dapat memandunya menjadi seorang pengemudi yang handal mencipta efisiensi.

Kami di Auto Bild memiliki trik mencapai efisiensi yang sudah terstandar. Nah, kehadiran informasi-informasi tambahan ini justru dinilai oleh beberapa tester kami dapat menghadirkan efisiensi yang lebih baik lagi daripada hanya berpatokan dengan MID yang mencatat konsumsi BBM semata.

Coasting Indicator
Untuk Anda ketahui, Coasting merupakan proses dimana kendaraan berjalan menggunakan momentum gerak yang telah tercipta. Singkatnya mobil berjalan tanpa bahan bakar berlebihan. Biasanya coasting terjadi ketika kendaraan berada dalam gerakkan deselerasi. Semakin tinggi angka coasting yang Anda raih, berarti Anda bisa mencetak jarak bonus tanpa perlu mengolah bahan bakar. BMW di beberapa seri serta Mercedes-Benz juga menghadirkan informasi ini pada pengemudinya.

Real Time Consumption
Sedikit mirip dengan informasi konsumsi BBM rata-rata, tetapi real time consumption menyajikan bagaimana tingkat konsumsi kendaraan tepat pada saat itu. Jika Anda perhatikan, fitur informasi ini sudah ada sejak era 90-an pada mobil BMW 318i E28. Meski berbentuk jarum analog, namun informasi ini tetap digunakan hingga mobil-mobil yang beredar saat ini. Beberapa kendaraan yang menghadirkan informasi ini diantaranya adalah Honda Jazz dan Mercedes-Benz.

ECO Display
Mungkin informasi ini diberi nama beragam, tetapi informasi ini lebih umum dari tingkat efisiensi mobil semata. Namun menginformasikan berbagai parameter dan menyajikannya dalam tingkatan tertentu yang atraktif. Mercedes-Benz menghadirkan informasi ini dengan 3 parameter yakni pijakkan gas, coasting, dan ditunjukkan dengan level keseimbangan. Makin seimbang berarti gaya mengemudi Anda juga makin baik.

Acceleration Indicator
Informasi ini memberikan data tentang tingkat pijakkan pengemudi pada pedal gas. Hal ini menjadi penting lantaran pengemudi perlu memahami bahwa menggerakkan mobil tak perlu memijak gas terlalu dalam dan membuang bahan bakar sia-sia. Dengan mengenali pijakkan yang tepat maka mobil dapat bergerak tanpa menghabiskan BBM berlebih.

Info Tips
Informasi jenis ini tak banyak muncul di mobil-mobil yang beredar di Indonesia. Volkswagen Golf MKVII adalah salah satunya. Ia menghadirkan berbagai tips sesuai dengan kondisi yang dialami mobil. jika ada hal yang perlu disesuaikan untuk memaksimalkan efisiensi, sistem akan mengingatkan lewat panel indikator. Semisal ketika jendela terbuka dan mempengaruhi daya hambat angin terhadap mobil, maka akan muncul peringatan untuk menutupnya.

Mobil Yang Bisa Mengajarkan Pengemudi Untuk Hemat Bahan Bakar | Inspirasi Modif | 4.5