Tips pahami kaki-kaki mobil Biar Irit bahan bakar

By On Sunday, October 15th, 2017 Categories : Berita

tips-pahami-kaki-kaki-mobil-biar-irit-bahan-bakar-20150216232505

Harga BBM naik dari Rp 6.500 menjadi Rp 8.500 memang mengundang polemik dan antisipasi warga untuk melakukan penghematan seminimal mungkin agar pengeluaran dapat ditekan. Salah satu tips berikut, mungkin bisa diaplikasikan untuk meminimalisir alokasi pengeluaran BBM yang berlebih.

Sektor kaki-kaki, dalam hal ini adalah ban, memiliki kemungkinan pengaruh besar dalam menunjang kelancaran saat melaju di jalanan. Karena ban ini juga, ternyata bisa menyebabkan pemborosan bahan bakar, jika ban cukup berat bergelinding yang mengakibatkan pemberatan performa mesin.

Hambatan gelinding ban, salah satunya adalah karena deformasi atau karena perubahan bentuk permukaan ban. Penyebab utama perubahan ini, diakibatkan oleh roda yang melewati berbagai kontur jalan, sehingga membuat permukaan terkikis dan tidak rata.

Ukuran permukaan telapak ban yang lebar, ternyata juga membuat gesekan semakin kuat. Tentu saja, performa mesin pun dipertaruhkan disini. Ketika hal seperti ini terjadi, membuat mesin akan sedikit berat dalam melakukan putaran. Karena itulah, pemborosan bahan bakar tidak akan bisa terelakkan.

Penyebab lain yang mampu memboroskan mesin dari sektor roda adalah kurangnya tekanan udara. Karena roda yang cenderung kempis membuat tekanan sekaligus gesekan akan semakin besar. Hal inilah yang membuat mesin semakin berat dan tentu saja akan sangat memberatkan kerja mesin.

Dengan demikian meski harga BBM naik, langkah selanjutnya berupa penghematan bahan bakar bisa dilakukan dengan cara yang bijak.

Tips pahami kaki-kaki mobil Biar Irit bahan bakar | Inspirasi Modif | 4.5