Tips persiapan berkendara di kala hujan

By On Sunday, October 8th, 2017 Categories : Berita

tips-persiapan-berkendara-di-kala-hujan-20150216233923

Berkendara di saat hujan tentu mengandung risiko yang cukup besar. Kondisi jalan yang licin dan jarak pandang yang pendek, akan sangat menyulitkan pengemudi untuk berkonsentrasi. Apalagi jika ditambah dengan kemacetan yang melanda selama perjalanan.

Ketika Anda berencana bepergian jauh, dan mengingat cuaca yang tidak stabil karena cenderung hujan, tentu harus ada persiapan khusus agar Anda tetap aman di jalan. Langkah awal yang sangat perlu diperhatikan adalah pengecekan kondisi fisik mobil.

Ada kecenderungan di beberapa tempat, banyak lubang karena hujan. Maka dari itu, sangat perlu diperhatikan pada sisi kaki-kaki mobil. Cek selalu tekanan ban standar agar nyaman dikendarai. Selain itu juga, untuk antisipasi jangan sampai terperosok lubang, untuk menjaga suspensi tetap aman sehingga selain tidak merusak roda juga tidak merusak velg.

Selain itu, akan sangat bermanfaat juga jika sekalian mengecek bagian-bagian mobil yang berbahan karet. Contoh yang signifikan adalah wiper dan juga karet-karet pintu. Disaat hujan, karet-karet ini sangat bermanfaat untuk mengantisipasi air.

Kalau karet wiper yang sudah mengeras, maka fungsinya pun tidak akan maksimal. Kaca depan tidak akan mudah bersih dengan segera. Sedangkan untuk karet-karet pintu, akan sangat membatu dalam merapatkan pintu saat ditutup. Dengan demikian, dijamin air hujan tidak akan merembes masuk ke bagian jok lewat celah pintu.

Tips persiapan berkendara di kala hujan | Inspirasi Modif | 4.5